Media90 – Perusahaan gabungan GAC dan Toyota resmi memperkenalkan kendaraan listrik terbaru mereka, Toyota bZ7, pada ajang Auto Guangzhou 2025. Model ini menjadi lini EV kedua setelah bZ3X dan dikembangkan langsung oleh tim teknik Toyota China sebagai langkah strategis memperkuat posisi GAC Toyota di pasar kendaraan energi baru.
Dikutip dari Car News China, Sabtu (22/11/2025), Toyota bZ7 menjadi model GAC Toyota pertama yang mengadopsi kokpit HarmonyOS buatan Huawei. Integrasi sistem ini memberikan pengalaman digital yang lebih intuitif, mulai dari sistem pengenalan wajah, head-up display, hingga paket bantuan berkendara generasi terbaru dari Momenta.
Dilengkapi LiDAR dan Sistem ADAS Lebih Mumpuni
Toyota membekali bZ7 dengan teknologi bantuan mengemudi canggih. Sistem ADAS yang digunakan dikembangkan untuk memberikan performa lebih baik di jalan raya maupun perkotaan. Mobil ini juga dipasangi unit LiDAR di bagian atap serta sensor yang tersebar di sekeliling bodi untuk meningkatkan akurasi pemindaian lingkungan sekitar.
Dimensi Bongsor, Lebih Panjang dari Camry
bZ7 hadir dengan dimensi yang cukup besar. Mobil listrik ini memiliki panjang 5.130 mm, lebar 1.965 mm, dan tinggi 1.506 mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 3.020 mm—lebih panjang dibandingkan sedan Toyota Camry. Dimensi tersebut memberikan kabin yang lega sekaligus stabilitas berkendara lebih baik.
Tenaga 278 HP dan Jarak Tempuh Hingga 680 Km
Urusan performa diserahkan kepada motor listrik DriveONE buatan Huawei yang mampu menghasilkan tenaga setara 278 hp. Toyota mengklaim bZ7 dapat melaju hingga kecepatan puncak 180 km/jam.
Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan baterai lithium-iron phosphate (LFP) dari CALB, yaitu:
-
88,13 kWh dengan jarak tempuh 680 km (CLTC)
-
71,35 kWh dengan jarak tempuh 600 km (CLTC)
Desain Mirip Prius, Sentuhan Coupe di Buritan
Secara tampilan, Toyota bZ7 menghadirkan nuansa desain yang mengingatkan pada Toyota Prius, namun dengan pendekatan yang lebih futuristis. Bagian belakang mengusung gaya coupe dengan atap panoramik yang memanjang hingga kaca belakang.
Elemen desain lainnya mencakup jendela seperempat belakang berukuran besar, lampu belakang tembus pandang, spoiler dinamis, serta saluran udara di kedua sisi bumper yang memperkuat kesan sporty.
Toyota belum mengumumkan harga resmi bZ7 untuk pasar China, namun kehadirannya di segmen EV premium diprediksi menambah daya saing Toyota di tengah semakin ketatnya pasar mobil listrik berbasis teknologi tinggi di negeri itu.














