OTOMOTIF

55 Tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia: Lebih dari Sekadar Truk, Bangun Fondasi Industri Otomotif Nasional

31
×

55 Tahun Mitsubishi Fuso di Indonesia: Lebih dari Sekadar Truk, Bangun Fondasi Industri Otomotif Nasional

Sebarkan artikel ini
Lima Dekade Berkarya, Mitsubishi Fuso Bangun Ekosistem Industri Mandiri di Indonesia
Lima Dekade Berkarya, Mitsubishi Fuso Bangun Ekosistem Industri Mandiri di Indonesia

Media90 – Selama lebih dari lima dekade kehadirannya di Indonesia, Mitsubishi Fuso melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tidak hanya menghadirkan kendaraan niaga andal, tetapi juga turut membangun fondasi industri otomotif yang kuat dan mandiri di Tanah Air.

Komitmen yang telah berjalan selama 55 tahun ini diwujudkan melalui terbentuknya ekosistem industri otomotif yang menyeluruh—mulai dari investasi, transfer teknologi, hingga penguatan sumber daya manusia. Semua itu menjadi landasan bagi Indonesia untuk berdiri sebagai basis produksi otomotif yang strategis di kawasan.

Fasilitas Produksi dan Rantai Pasok Lokal

Dalam proses produksinya, Mitsubishi Fuso memastikan setiap lini produk melewati tahapan yang detail dan terukur, guna menjamin kendaraan yang dihasilkan presisi, aman, nyaman, serta memiliki performa terbaik.

Baca Juga:  Penawaran Terbaru: Honda Scoopy 2023 - Spesifikasi dan Harga Terkini

Proses perakitan dilakukan di dua fasilitas utama, yakni PT Krama Yudha Ratu Motor (KRM) dan PT Mitsubishi Krama Yudha Motors and Manufacturing (MKM). Ekosistem ini turut diperkuat dengan dukungan sekitar 100 perusahaan pemasok (supplier) lokal yang menyediakan berbagai komponen utama kendaraan.

KRM, Pilar Produksi Sejak 1973

Sejak berdiri pada 1973, KRM memiliki peran vital dalam mendukung industri otomotif nasional. Perusahaan ini fokus pada kegiatan manufaktur dan perakitan berbagai model kendaraan Mitsubishi Fuso, mulai dari Canter, Fighter X, hingga produk teranyar yang diluncurkan pada September 2025 lalu, yakni Fighter X FM65F Tractor Head 4×2.

Investasi berkelanjutan yang dilakukan Mitsubishi Fuso dan mitra industrinya tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga memberikan efek sosial yang signifikan.

Baca Juga:  Rekor Penjualan Global Omoda dan Jaecoo di Bulan Maret 2024

Dampak Ekonomi dan Sosial

Aji Jaya, Sales and Marketing Director KTB, menegaskan bahwa kontribusi Mitsubishi Fuso jauh melampaui aktivitas penjualan semata.

“Kami bangga bahwa selama 55 tahun ini, kami telah turut serta membuka lapangan pekerjaan bagi ribuan masyarakat Indonesia, baik secara langsung di fasilitas ini, maupun secara tidak langsung di seluruh jaringan ekosistem kami. Ini membuktikan bahwa Mitsubishi Fuso tidak hanya menjual produk, tetapi kami adalah bagian dari pembangunan Indonesia,” ujar Aji di Jakarta, Rabu (12/11/2025).

Selain sektor produksi, ekosistem Mitsubishi Fuso juga merambah ke jaringan purnajual. Saat ini, perusahaan memiliki 226 diler yang tersebar di 170 kota dan 33 provinsi, dengan ribuan tenaga kerja terlibat di dalamnya. Jangkauan luas ini menjadikan Mitsubishi Fuso sebagai merek truk dengan jaringan terbesar di Indonesia.

Penggerak Perekonomian Nasional

Selama perjalanannya, Mitsubishi Fuso tidak hanya menjadi pilihan utama para pelaku usaha, tetapi juga turut menjadi roda penggerak perekonomian nasional. Hingga Oktober 2025, Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader kendaraan niaga di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 39,7 persen.

Pencapaian tersebut menjadi bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan ketangguhan produk Mitsubishi Fuso—serta komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi bagi kemajuan industri otomotif dan pembangunan ekonomi Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *