Media90 – Toyota kembali menegaskan komitmennya menghadirkan mobil sport berperforma tinggi melalui lini GR Pure. Tidak seperti model Toyota reguler yang hanya mendapat sentuhan aksesori GR, seri GR Pure merupakan mobil performa sejati yang digarap langsung oleh tim Gazoo Racing—baik dari sisi tenaga, handling, hingga karakter berkendaranya.
Semua itu dibuktikan langsung tim Media90 saat mengikuti Toyota GR Trackday di Sirkuit Mandalika, Selasa (2/12/2025). Melibas tiap tikungan, deretan mobil GR Pure memperlihatkan potensi maksimalnya di lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan tersebut.
GR Pure: Lebih dari Sekadar Aksesori
Dalam sesi trackday kali ini, Toyota menghadirkan lima model GR Pure:
-
GR Yaris MT
-
GR Supra AT
-
GR Corolla MT
-
GR86 MT
-
GR86 AT
Masing-masing punya karakter berbeda, namun semuanya dibangun dengan filosofi driver-first yang menekankan akurasi pengendalian, respons cepat, dan tenaga besar yang tetap mudah dijinakkan oleh pengemudi harian.
GR Supra: Tenaga Brutal dan Stabilitas Tinggi
Ikon sports car Toyota, GR Supra, menjadi salah satu bintang di lintasan. Mobil ini menggunakan mesin 3.000 cc 6-silinder inline yang menyemburkan 345,2 hp dan torsi 500 Nm di putaran rendah 1.600—4.500 rpm.
Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Toyota juga melakukan fine tuning pada:
-
Adaptive Variable Suspension (AVS)
-
Bushing stabilizer
-
Electric Power Steering (EPS)
-
Vehicle Stability Control (VSC)
Hasilnya, mobil terasa sangat stabil di tikungan cepat Mandalika, dengan roll balance yang lebih baik serta respons kemudi yang lebih presisi.
GR Corolla: Hatchback Bertenaga Besar
Menjadi “bungsu” di keluarga GR Pure, GR Corolla mencuri perhatian lewat perpaduan performa tinggi dan kepraktisan harian. Mengusung mesin turbo G16E-GTS yang juga digunakan GR Yaris, mobil ini memberikan performa agresif tanpa mengorbankan kenyamanan lima penumpang.
GR Corolla cocok bagi mereka yang ingin sensasi mobil sport, namun tetap butuh fungsionalitas hatchback.
GR Yaris: Kompak, Bertenaga, dan Lincah
Unit yang diuji tim Media90, GR Yaris MT, tampil luar biasa dengan mesin 1.600 cc turbo 3-silinder direct injection yang menghasilkan:
-
300 hp
-
400 Nm
-
Sistem penggerak 4WD GR-FOUR
Akselerasinya kuat, cengkeramannya mantap, dan stabilitasnya membuat mobil ini terasa lincah serta mudah dikontrol—bahkan oleh pengemudi nonprofesional.
GR86: Mobil Sport dengan Rasa Murni
Media90 juga menjajal GR86 transmisi manual. Mobil ini ditenagai mesin Boxer 2.387 cc yang menghasilkan 231,8 hp dan torsi 250 Nm. Dengan sistem RWD dan Torsen limited-slip differential, GR86 menawarkan sensasi berkendara yang sangat komunikatif.
Setiap manuver terasa natural, responsif, dan memuaskan—ciri khas mobil sport bermesin depan-penggerak belakang.
Pengalaman Berkendara yang Konsisten dan Presisi
Seluruh model GR Pure menunjukkan pengiriman tenaga yang linear di berbagai rentang putaran mesin, memungkinkan mobil mencapai top speed di trek lurus. Kinerja rem yang kuat menjadi kunci ketika memasuki tikungan Mandalika, sementara minimnya gejala body roll membuat mobil lebih percaya diri saat keluar tikungan.
Keseluruhan pengalaman menunjukkan bahwa mobil-mobil GR Pure tidak hanya cepat di atas kertas, tetapi benar-benar mampu dipacu kencang dan tetap terkendali di lintasan.
Kesimpulan: DNA Motorsport yang Terasa Nyata
Toyota GR Pure berhasil membawa nuansa balap langsung ke konsumen. Mobil-mobil ini menghadirkan:
-
Performa tinggi
-
Kendali presisi
-
Kenyamanan untuk penggunaan harian
-
Sensasi berkendara yang membuat adrenalin meningkat
Trackday di Mandalika membuktikan bahwa lini GR Pure bukan sekadar varian sport, melainkan representasi nyata dari motorsport heritage Toyota—sekaligus memperkaya pilihan mobil performa di Indonesia.














