OTOMOTIF

Membeberkan Spesifikasi Mewah Taycan 4S, Impian Listrik Porsche untuk Mereka yang Berkecukupan

404
×

Membeberkan Spesifikasi Mewah Taycan 4S, Impian Listrik Porsche untuk Mereka yang Berkecukupan

Sebarkan artikel ini
Intip Spesifikasi Taycan 4S, Mobil Listrik Porsche Idaman Orang Kaya
Intip Spesifikasi Taycan 4S, Mobil Listrik Porsche Idaman Orang Kaya

Media90 (media90.id) – Mobil listrik Porsche Taycan 4S menjadi sorotan utama untuk diulas secara mendalam.

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa merek Jerman yang terkenal dengan mobil sportnya juga turut meramaikan pasar mobil listrik dengan Taycan 4S.

Porsche Taycan sendiri hadir dalam beberapa varian, termasuk Taycan 4S, Taycan, GTS, Turbo, dan Turbo S.

Dengan harga yang mencapai miliaran rupiah, Taycan 4S bukan hanya sebuah mobil, melainkan pesaing serius bagi Tesla di ranah mobil listrik.

Mobil ini telah resmi dipasarkan di Indonesia oleh Prestige Image Motorcars sebagai importir umum.

Sejarah Mobil Listrik Porsche

Meskipun banyak yang mengira Taycan 4S adalah langkah pertama Porsche ke dunia mobil listrik, kenyataannya Porsche sudah terlibat dalam pembuatan mobil listrik sejak 100 tahun yang lalu.

Baca Juga:  Honda Wowkan Pameran Mobil Thailand dengan Debut HR-V Listrik

Ferdinand Porsche, pendiri Porsche, menciptakan mobil listrik pertama pada tahun 1890-an yang diberi nama P1.

Meskipun terbuat dari kayu, mobil ini menggunakan motor listrik bertenaga baterai.

P1 bahkan berhasil memenangkan ajang balapan pada tahun 1899, meskipun sempat hilang dan ditemukan kembali setelah 112 tahun.

Spesifikasi Porsche Taycan 4S

Porsche Taycan 4S hadir dengan dua varian baterai, 79,2 kWh dan 93,4 kWh, mampu menempuh jarak 380-450 km dalam kondisi baterai penuh.

Dengan daya charging 400 volt, waktu pengisian dari 0-100 persen memerlukan sekitar 8 jam.

Dilengkapi dua motor listrik, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 522 hp dan torsi puncak 640 Nm.

Baca Juga:  70mai A510: Dashcam Terbaru dengan Sistem 24 Jam dan Koneksi 4G yang Mengagumkan!

Kecepatan maksimumnya mencapai 250 km per jam, dengan akselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 4 detik.

Eksterior yang Elegan

Dengan dimensi panjang 4.963 mm, lebar 1.966 mm, tinggi 1.379 mm, dan jarak sumbu roda 2.900 mm, Taycan 4S menampilkan bodi khas Porsche yang aerodinamis.

Lampu LED Daytime Running Light (DRL) dan lightbar LED melebar di bagian belakang memberikan sentuhan modern dan futuristik pada desainnya.

Interior Futuristik dan Fitur Canggih

Bagian dalam Taycan 4S juga tidak kalah futuristik dengan layar berkualitas tinggi, termasuk 16,8 inch curved display dan layar komunikasi 10,9 inci.

Berbagai fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control, Night Vision Assist, dan Porsche 4D Chassis Control juga turut melengkapi pengalaman berkendara.

Baca Juga:  Temukan Penawaran Terbaik! Raih Cicilan Mobil Baru Mulai dari Rp2 Jutaan, Simak Rekomendasi Kami

Harga Porsche Taycan 4S

Meskipun harga Taycan 4S di Indonesia tidak tercantum secara resmi, mengacu pada pasar Eropa, harganya dimulai dari sekitar Rp2 miliaran.

Namun, perlu diingat bahwa harga di Indonesia bisa lebih tinggi karena biaya pengiriman dan pajak impor.

Kesimpulan

Porsche Taycan 4S menawarkan opsi menarik bagi para pecinta mobil listrik dengan spesifikasi dan fitur mewah.

Namun, seperti halnya mobil-mobil Porsche lainnya, harga yang tinggi menjadi pertimbangan utama. Bagi yang berminat, sebaiknya persiapkan bujet yang cukup untuk memiliki mobil listrik mewah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Waspada! Ini Penyebab Mobil Overheat yang Sering Diabaikan, Bisa Bikin Kantong Jebol!
Penyebab mobil overheat biasanya selalu menghantui para pemilik mobil, terlebih bagi Anda yang memiliki kapasitas mesin besar. Tapi, masalah overheat ini tak melulu hinggap di mobil dengan kapasitas mesin besar saja lho, mesin dengan kapasitas kecil juga bisa overheat. Bayangkan, Anda sedang melaju di tengah kemacetan siang bolong, tiba-tiba indikator suhu di dasbor melonjak merah — mesin mengeluarkan asap tipis.  Seketika membuat performa mobil menjadi menurun drastis. Kalau sudah begitu, bukan cuma perjalanan yang terganggu, tapi juga bisa bikin dompet jebol.  Karena mobil overheat tak bisa dianggap sepele. Bila dibiarkan, bisa berujung pada kerusakan serius seperti head cylinder melengkung, gasket jebol, atau bahkan mesin jamming total. Namun, sebelum panik, yuk pahami dulu penyebab mobil overheat yang paling sering terjadi, serta cara mengatasinya dengan benar. Penyebab Mobil Overheat  Air Radiator Habis  Ini adalah penyebab klasik mobil overheat yang paling umum. Radiator berfungsi sebagai pendingin utama mesin, mengalirkan cairan coolant untuk menjaga suhu kerja tetap ideal. Begitu air radiator kurang atau bahkan habis, sistem pendinginan mesin akan kehilangan kemampuan menyerap panas dari mesin.  Akibatnya, dalam waktu sekejap suhu mesin akan naik drastis sehingga membuat komponen kepanasan. Solusi: Cek dan isi ulang air radiator secara rutin. Gunakan coolant berkualitas yang sesuai rekomendasi pabrikan — jangan hanya pakai air biasa, karena bisa menimbulkan kerak di saluran radiator. Radiator Bocor Radiator bocor seringkali tidak langsung terlihat. Kadang hanya menetes sedikit dari sela-sela kisi atau sambungan selang, tapi efeknya bisa fatal. Kebocoran menyebabkan cairan pendingin berkurang, tekanan sistem menurun, dan sirkulasi tidak optimal. Akhirnya, suhu mesin meningkat tanpa kontrol. Solusi: Periksa radiator secara visual. Jika ada tanda-tanda rembesan atau bercak putih (bekas coolant kering), segera bawa ke bengkel untuk dicek dan diservis.  Jangan menunda untuk melakukan perbaikan atau pengecekan, karena kebocoran kecil bisa jadi bencana besar. Penyebab Mobil Overheat, Termostat Macet  Termostat merupakan komponen yang berfungsi mengatur kapan cairan pendingin mulai bersirkulasi ke radiator.  Ketika mesin masih dingin, termostat akan menutup jalur radiator agar mesin cepat mencapai suhu ideal. Namun, jika komponen ini macet dalam posisi tertutup, radiator coolant tak akan bersirkulasi, dan suhu mesin akan melonjak cepat. Solusi: Ganti termostat bila sudah rusak. Banyak pemilik mobil yang memilih melepas termostat secara permanen, tapi langkah ini tidak disarankan karena bisa membuat mesin bekerja di suhu yang tidak stabil. Untuk mengeceknya dapat dilakukan dengan cara merebus termostat di dalam panci agar mengetahui apakah masih terbuka di suhu tertentu. Kipas Radiator Mati  Kipas radiator atau extra fan berperan penting untuk membantu proses pendinginan, terutama saat mobil berjalan pelan atau berhenti di kemacetan. Jika motor kipas mati atau relay-nya rusak, sirkulasi udara ke radiator terhenti. Akibatnya, panas dari mesin tidak terbuang sempurna. Solusi: Periksa fungsi kipas dengan menyalakan mesin dan memantau apakah kipas berputar ketika suhu naik.  Jika tidak, periksa bagian motor kipas ini seperti sekring, atau relay. Gantilah komponen tersebut bila perlu. Oli Mesin Habis atau Kotor Penyebab Mobil Overheat Selain berfungsi sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki peran dalam meredam panas yang dihasilkan oleh mesin.  Oli mesin yang kotor, encer, atau volumenya kurang akan membuat gesekan antar komponen meningkat — menimbulkan panas berlebih dan menjadi penyebab mobil overheat. Solusi: Ganti oli mesin sesuai interval yang dianjurkan pabrikan, biasanya setiap 5.000–10.000 km tergantung jenis oli dan kondisi pemakaian.  Gunakan oli dengan viskositas yang sesuai spesifikasi mesin mobil milik Anda. Penyebab Mobil Overheat, Water Pump Lemah  Komponen bernama water pump atau pompa air bertugas mengalirkan cairan coolant ke seluruh sistem pendingin. Jika pompa air sudah melemah atau rusak, sirkulasi coolant akan melambat dan menyebabkan mesin cepat panas. Biasanya pompa air ini akan rusak seiring pemakaian dan kerusakannya bisa dibilang terjadi sangat lama. Tugasnya krusial memompa coolant dari radiator (yang sudah dingin) menuju blok mesin (yang panas), lalu kembali lagi ke radiator. Ini adalah sirkulasi wajib! Solusi: Jika suhu mesin terus naik padahal radiator dan kipas normal, besar kemungkinan water pump sudah aus.  Ganti water pump yang ada di mobil dengan komponen baru agar dapat mengalirkan sirkulasi air ke bagian mesin dengan sempurna. Tutup Radiator Bisa Jadi Penyebab Mobil Overheat Komponen kecil ini sering dilupakan, padahal punya peran heroik. Tutup radiator bukan sekadar penutup, melainkan katup tekanan yang sangat presisi. Sistem pendingin mobil bekerja di bawah tekanan (sekitar 1.1 bar, tergantung mobil). Tekanan ini penting untuk menaikkan titik didih air (mirip prinsip panci presto).  Jika karet atau per pada tutup radiator sudah getas/lemah, maka tekanan akan bocor. Akibatnya air akan mendidih lebih cepat (di bawah 100°C!). Efeknya, uap panas akan keluar ke tangki reservoir. Mesin pun menjadi overheat. Selalu cek kondisi karet dan per tutup radiator Anda!  Ganti setiap beberapa tahun sekali, karena harganya tidak seberapa dibandingkan biaya turun mesin! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Overheat  Setelah membahas penyebab mobil overheat, Anda tak perlu panik ketika mengalaminya di jalan saat sedang berkendara. Masalah tersebut sebenarnya bisa dicegah dan diwaspadai dari jauh-jauh hari karena setiap kerusakan biasanya ada ciri-cirinya. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika mobil terlanjur overheat (indikator suhu naik ke zona merah dan mulai berasap)? • Jangan Panik! Ini yang terpenting. Segera tepikan mobil ke tempat yang aman (pinggir jalan/rest area). • Matikan AC: Ini akan mengurangi beban kerja mesin secara signifikan. • Matikan Mesin: Setelah menepi, matikan mesin. Biarkan mobil beristirahat total. • JANGAN LANGSUNG BUKA TUTUP RADIATOR! Ini adalah aksi bunuh diri. Tekanan di dalam sistem pendingin sangat tinggi. Jika dibuka, air panas akan menyembur dan bisa menyebabkan luka bakar serius. • Tunggu 30-45 Menit: Biarkan mesin benar-benar dingin. Setelah dingin, baru Anda bisa periksa coolant di tangki reservoir. • Panggil Bantuan: Jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, atau air radiator sudah benar-benar kosong, segera hubungi bengkel terdekat atau gunakan jasa towing. Jangan pernah memaksakan mobil yang sudah overheat untuk berjalan, itu sama saja Anda menekan tombol ‘hancurkan mesin’! Yang paling benar adalah rawat mobil Anda dengan benar. Perhatikan hal-hal kecil yang sering disepelekan. Dengan begitu, mobil kesayangan Anda akan selalu prima.  Anda bisa menikmati performa terbaiknya tanpa khawatir mesin akan Jebol di tengah jalan ketika dirawat baik-baik. Kesimpulan  Penyebab utama mobil overheat biasanya tak jauh selalu berputar pada kegagalan sistem pendingin. Mulai dari kekurangan coolant, kebocoran, hingga kerusakan komponen krusial seperti water pump, termostat, dan kipas pendingin.  Pencegahan dini dan pengecekan rutin adalah kunci untuk menghindari biaya perbaikan turun mesin yang mencekik dompet. FAQ  Apakah mengisi radiator dengan air biasa (air keran) bisa menyebabkan overheat? Secara langsung tidak, air keran tetap akan mendinginkan mesin. Namun, dalam jangka panjang, air keran mengandung mineral dan kotoran yang akan menyebabkan korosi dan penumpukan kerak di dalam radiator dan saluran air. Tak hanya itu, titik didih dari air keran juga lebih rendah dibandingkan coolant, sehingga lebih cepat panas. Berapa lama interval ideal untuk menguras radiator (flushing)? Untuk menjaga performa pendinginan optimal, disarankan melakukan flushing atau kuras radiator setiap 40.000 hingga 60.000 kilometer atau setiap 2 tahun sekali Apakah menyalakan AC bisa mempercepat overheat? Ya, menyalakan AC akan menambah beban kerja mesin. Ketika beban mesin bertambah, suhu mesin otomatis akan cenderung naik.  Jika sistem pendingin mobil Anda (terutama kipas pendingin dan coolant Anda) sudah bermasalah, menyalakan AC bisa menjadi pemicu cepatnya kenaikan suhu hingga overheat. Apa tanda-tanda paling jelas bahwa mobil akan overheat? Tanda yang paling jelas adalah kenaikan jarum indikator suhu mesin di dashboard yang bergerak cepat menuju zona merah atau batas maksimal.  Tanda lain yang bisa Anda rasakan atau lihat adalah bau panas yang menyengat, uap atau asap keluar dari balik kap mesin, atau bunyi mendesis dari mesin.
OTOMOTIF

Media90 – Mobil overheat adalah momok yang sering menghantui para…