OTOMOTIF

Ragam Mobil Baru Menghiasi IIMS 2024: Tawaran Terbatas Menarik Perhatian!

467
×

Ragam Mobil Baru Menghiasi IIMS 2024: Tawaran Terbatas Menarik Perhatian!

Sebarkan artikel ini
Daftar Mobil Baru Yang Hadir Di IIMS 2024, Ada Yang Dijual Terbatas
Daftar Mobil Baru Yang Hadir Di IIMS 2024, Ada Yang Dijual Terbatas

Media90 (media90.id) – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 telah membuka pintunya untuk para penggemar otomotif di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mulai dari tanggal 15 hingga 25 Februari 2024.

Acara tahunan ini selalu menjadi magnet bagi masyarakat, khususnya para pecinta kendaraan bermotor di Indonesia, karena menampilkan beragam model mobil terbaru dari berbagai merek terkemuka.

Setiap tahun, IIMS menyuguhkan deretan kendaraan roda dua dan roda empat yang menggoda.

Dan tidak terkecuali tahun ini, di mana berbagai merek terkenal seperti Toyota, Honda, Suzuki, Hyundai, BMW, MINI, dan masih banyak lagi turut meramaikan pameran dengan menampilkan mobil-mobil baru mereka.

Berikut adalah beberapa model mobil baru yang menjadi sorotan di IIMS 2024:

New Honda BR-V N7X Edition

Honda memperkenalkan New Honda BR-V N7X Edition dengan mesin bertenaga 119,3 hp pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Mobil ini hadir dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) dan dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih Honda Sensing.

Baca Juga:  Prestasi Cemerlang: Asuransi Astra Memboyong Penghargaan di Indonesia Human Capital Awards 2024

Varian dan harganya adalah:

  • New Honda BR-V N7X E CVT Rp319,4 juta
  • New Honda BR-V N7X Prestige CVT Rp343,4 juta
  • New Honda BR-V N7X Prestige with Honda Sensing Rp363,4 juta

Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki menghadirkan Suzuki Jimny 5 Pintu dengan mesin K15B yang bertenaga 103,3 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 134,2 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Tersedia dalam dua pilihan transmisi: manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Harga varian tersebut adalah:

  • Suzuki Jimny 5 Pintu MT Rp462 juta
  • Suzuki Jimny 5 Pintu AT Rp475,6 juta
  • Suzuki Jimny 5 Pintu MT Dual Tone Rp465 juta
  • Suzuki Jimny 5 Pintu AT Dual Tone Rp478,6 juta

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise hadir dengan mesin K15B dan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Varian dan harganya adalah:

  • All New Ertiga Hybrid Cruise (AT/Cool Black) Rp299 juta
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (AT/Two Tone) Rp301 juta
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (MT/Cool Black) Rp288 juta
  • All New Ertiga Hybrid Cruise (MT/Two Tone) Rp290 juta

Wuling Cloud EV

Wuling Cloud EV menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh, mencapai 460-505 km. Fitur unik “Sofa Mode” membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman. Harga resmi belum diumumkan.

Baca Juga:  Harga Terbaru dan Spesifikasi Lengkap Wuling Air EV

Toyota GR Corolla

Toyota GR Corolla memiliki mesin 1.618 cc dengan tenaga mencapai 296 hp dan torsi maksimum 370 Nm.

Harga belum diumumkan.

Toyota Vellfire Hybrid

Toyota Vellfire Hybrid hadir dengan mesin 2.500 cc, 4 silinder yang menghasilkan tenaga 187 hp dan torsi maksimum 239 Nm.

Varian dan harganya adalah:

  • Toyota Vellfire Hybrid 2.5 VIP Non Premium Color Rp1,802,7 miliar
  • Toyota Vellfire Hybrid 2.5 VIP Premium Color Rp1,806,2 miliar

Hyundai Ioniq 5 Batik

Hyundai Ioniq 5 Batik menampilkan desain batik Kawung yang unik dan hanya diproduksi sebanyak 60 unit. Harga mobil ini adalah Rp990 juta OTR Jakarta.

Hyundai Creta Alpha

Hyundai Creta Alpha dilengkapi dengan mesin Smartstream 1.5L dan fitur canggih Hyundai SmartSense.

Harganya adalah Rp421,8 juta OTR Jakarta.

BMW iX xDrive50 Sport

BMW iX xDrive50 Sport memiliki tenaga motor listrik 385 kW/523 hp dan mampu mencapai kecepatan 0-100 km per jam dalam waktu 4,6 detik.

Harga resminya adalah Rp2,627 miliar off the road.

BMW iX1 eDrive20 M Sport

BMW iX1 eDrive20 M Sport dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga maksimum 150 kW/204 hp.

Harganya adalah Rp1,447 miliar off the road.

MINI Clubman Final Edition

MINI Clubman Final Edition hanya diproduksi sebanyak 50 unit di Indonesia.

Baca Juga:  BYD Melangkah ke Indonesia: Kedatangan Resmi Tanggal 18 Januari 2024

Harga mobil ini adalah Rp1,059 miliar off the road.

Subaru BRZ

Subaru BRZ kini hadir dengan mesin BOXER 2,4 liter yang menghasilkan tenaga 233,7 hp dan fitur Subaru EyeSight generasi ke-4.

Harga varian ini adalah:

  • Subaru BRZ 2024 MT EyeSight Rp885 juta
  • Subaru BRZ 2024 AT EyeSight Rp895 juta

Chery Omoda E5

Chery Omoda E5 dilengkapi dengan baterai tipe Lithium Ferro-Phosphate (LFP) dan dapat menempuh jarak hingga 430 km.

Harganya adalah Rp498,8 juta OTR Jakarta.

MG Maxus 9 dan ES EV

MG Maxus 9 dan ES EV hadir sebagai mobil listrik baru dari Morris Garage (MG), namun spesifikasi dan harga masih belum diumumkan.

Vinfast

Vinfast menampilkan sejumlah mobil listrik seperti VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9. Harga perkiraan untuk Vinfast VF e34 adalah sekitar Rp288 juta hingga Rp300 juta dan VF 5 sekitar Rp235 juta sampai Rp250 juta.

Dengan berbagai pilihan mobil baru yang ditampilkan di IIMS 2024, para pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi dan memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

FAQ:

  1. Apa saja mobil baru yang hadir di IIMS 2024?
    Beberapa mobil baru yang hadir di pameran tersebut adalah Wuling Cloud EV, Hyundai Ioniq 5 Batik, Toyota GR Corolla, dan lain-lain.
  2. Apakah Hyundai Creta Alpha hadir di IIMS 2024?
    Iya, mobil ini meluncur di IIMS 2024.
  3. Berapa harga Hyundai Ioniq 5 Batik?
    Harga mobil tersebut Rp990 juta OTR Jakarta.
  4. Berapa harga Subaru BRZ 2024?
    Harga mobil ini Rp885-895 juta OTR Jakarta.
  5. Apakah Vinfast berpartisipasi di IIMS 2024?
    Iya, Vinfast berpartisipasi di pameran tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Waspada! Ini Penyebab Mobil Overheat yang Sering Diabaikan, Bisa Bikin Kantong Jebol!
Penyebab mobil overheat biasanya selalu menghantui para pemilik mobil, terlebih bagi Anda yang memiliki kapasitas mesin besar. Tapi, masalah overheat ini tak melulu hinggap di mobil dengan kapasitas mesin besar saja lho, mesin dengan kapasitas kecil juga bisa overheat. Bayangkan, Anda sedang melaju di tengah kemacetan siang bolong, tiba-tiba indikator suhu di dasbor melonjak merah — mesin mengeluarkan asap tipis.  Seketika membuat performa mobil menjadi menurun drastis. Kalau sudah begitu, bukan cuma perjalanan yang terganggu, tapi juga bisa bikin dompet jebol.  Karena mobil overheat tak bisa dianggap sepele. Bila dibiarkan, bisa berujung pada kerusakan serius seperti head cylinder melengkung, gasket jebol, atau bahkan mesin jamming total. Namun, sebelum panik, yuk pahami dulu penyebab mobil overheat yang paling sering terjadi, serta cara mengatasinya dengan benar. Penyebab Mobil Overheat  Air Radiator Habis  Ini adalah penyebab klasik mobil overheat yang paling umum. Radiator berfungsi sebagai pendingin utama mesin, mengalirkan cairan coolant untuk menjaga suhu kerja tetap ideal. Begitu air radiator kurang atau bahkan habis, sistem pendinginan mesin akan kehilangan kemampuan menyerap panas dari mesin.  Akibatnya, dalam waktu sekejap suhu mesin akan naik drastis sehingga membuat komponen kepanasan. Solusi: Cek dan isi ulang air radiator secara rutin. Gunakan coolant berkualitas yang sesuai rekomendasi pabrikan — jangan hanya pakai air biasa, karena bisa menimbulkan kerak di saluran radiator. Radiator Bocor Radiator bocor seringkali tidak langsung terlihat. Kadang hanya menetes sedikit dari sela-sela kisi atau sambungan selang, tapi efeknya bisa fatal. Kebocoran menyebabkan cairan pendingin berkurang, tekanan sistem menurun, dan sirkulasi tidak optimal. Akhirnya, suhu mesin meningkat tanpa kontrol. Solusi: Periksa radiator secara visual. Jika ada tanda-tanda rembesan atau bercak putih (bekas coolant kering), segera bawa ke bengkel untuk dicek dan diservis.  Jangan menunda untuk melakukan perbaikan atau pengecekan, karena kebocoran kecil bisa jadi bencana besar. Penyebab Mobil Overheat, Termostat Macet  Termostat merupakan komponen yang berfungsi mengatur kapan cairan pendingin mulai bersirkulasi ke radiator.  Ketika mesin masih dingin, termostat akan menutup jalur radiator agar mesin cepat mencapai suhu ideal. Namun, jika komponen ini macet dalam posisi tertutup, radiator coolant tak akan bersirkulasi, dan suhu mesin akan melonjak cepat. Solusi: Ganti termostat bila sudah rusak. Banyak pemilik mobil yang memilih melepas termostat secara permanen, tapi langkah ini tidak disarankan karena bisa membuat mesin bekerja di suhu yang tidak stabil. Untuk mengeceknya dapat dilakukan dengan cara merebus termostat di dalam panci agar mengetahui apakah masih terbuka di suhu tertentu. Kipas Radiator Mati  Kipas radiator atau extra fan berperan penting untuk membantu proses pendinginan, terutama saat mobil berjalan pelan atau berhenti di kemacetan. Jika motor kipas mati atau relay-nya rusak, sirkulasi udara ke radiator terhenti. Akibatnya, panas dari mesin tidak terbuang sempurna. Solusi: Periksa fungsi kipas dengan menyalakan mesin dan memantau apakah kipas berputar ketika suhu naik.  Jika tidak, periksa bagian motor kipas ini seperti sekring, atau relay. Gantilah komponen tersebut bila perlu. Oli Mesin Habis atau Kotor Penyebab Mobil Overheat Selain berfungsi sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki peran dalam meredam panas yang dihasilkan oleh mesin.  Oli mesin yang kotor, encer, atau volumenya kurang akan membuat gesekan antar komponen meningkat — menimbulkan panas berlebih dan menjadi penyebab mobil overheat. Solusi: Ganti oli mesin sesuai interval yang dianjurkan pabrikan, biasanya setiap 5.000–10.000 km tergantung jenis oli dan kondisi pemakaian.  Gunakan oli dengan viskositas yang sesuai spesifikasi mesin mobil milik Anda. Penyebab Mobil Overheat, Water Pump Lemah  Komponen bernama water pump atau pompa air bertugas mengalirkan cairan coolant ke seluruh sistem pendingin. Jika pompa air sudah melemah atau rusak, sirkulasi coolant akan melambat dan menyebabkan mesin cepat panas. Biasanya pompa air ini akan rusak seiring pemakaian dan kerusakannya bisa dibilang terjadi sangat lama. Tugasnya krusial memompa coolant dari radiator (yang sudah dingin) menuju blok mesin (yang panas), lalu kembali lagi ke radiator. Ini adalah sirkulasi wajib! Solusi: Jika suhu mesin terus naik padahal radiator dan kipas normal, besar kemungkinan water pump sudah aus.  Ganti water pump yang ada di mobil dengan komponen baru agar dapat mengalirkan sirkulasi air ke bagian mesin dengan sempurna. Tutup Radiator Bisa Jadi Penyebab Mobil Overheat Komponen kecil ini sering dilupakan, padahal punya peran heroik. Tutup radiator bukan sekadar penutup, melainkan katup tekanan yang sangat presisi. Sistem pendingin mobil bekerja di bawah tekanan (sekitar 1.1 bar, tergantung mobil). Tekanan ini penting untuk menaikkan titik didih air (mirip prinsip panci presto).  Jika karet atau per pada tutup radiator sudah getas/lemah, maka tekanan akan bocor. Akibatnya air akan mendidih lebih cepat (di bawah 100°C!). Efeknya, uap panas akan keluar ke tangki reservoir. Mesin pun menjadi overheat. Selalu cek kondisi karet dan per tutup radiator Anda!  Ganti setiap beberapa tahun sekali, karena harganya tidak seberapa dibandingkan biaya turun mesin! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Overheat  Setelah membahas penyebab mobil overheat, Anda tak perlu panik ketika mengalaminya di jalan saat sedang berkendara. Masalah tersebut sebenarnya bisa dicegah dan diwaspadai dari jauh-jauh hari karena setiap kerusakan biasanya ada ciri-cirinya. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika mobil terlanjur overheat (indikator suhu naik ke zona merah dan mulai berasap)? • Jangan Panik! Ini yang terpenting. Segera tepikan mobil ke tempat yang aman (pinggir jalan/rest area). • Matikan AC: Ini akan mengurangi beban kerja mesin secara signifikan. • Matikan Mesin: Setelah menepi, matikan mesin. Biarkan mobil beristirahat total. • JANGAN LANGSUNG BUKA TUTUP RADIATOR! Ini adalah aksi bunuh diri. Tekanan di dalam sistem pendingin sangat tinggi. Jika dibuka, air panas akan menyembur dan bisa menyebabkan luka bakar serius. • Tunggu 30-45 Menit: Biarkan mesin benar-benar dingin. Setelah dingin, baru Anda bisa periksa coolant di tangki reservoir. • Panggil Bantuan: Jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, atau air radiator sudah benar-benar kosong, segera hubungi bengkel terdekat atau gunakan jasa towing. Jangan pernah memaksakan mobil yang sudah overheat untuk berjalan, itu sama saja Anda menekan tombol ‘hancurkan mesin’! Yang paling benar adalah rawat mobil Anda dengan benar. Perhatikan hal-hal kecil yang sering disepelekan. Dengan begitu, mobil kesayangan Anda akan selalu prima.  Anda bisa menikmati performa terbaiknya tanpa khawatir mesin akan Jebol di tengah jalan ketika dirawat baik-baik. Kesimpulan  Penyebab utama mobil overheat biasanya tak jauh selalu berputar pada kegagalan sistem pendingin. Mulai dari kekurangan coolant, kebocoran, hingga kerusakan komponen krusial seperti water pump, termostat, dan kipas pendingin.  Pencegahan dini dan pengecekan rutin adalah kunci untuk menghindari biaya perbaikan turun mesin yang mencekik dompet. FAQ  Apakah mengisi radiator dengan air biasa (air keran) bisa menyebabkan overheat? Secara langsung tidak, air keran tetap akan mendinginkan mesin. Namun, dalam jangka panjang, air keran mengandung mineral dan kotoran yang akan menyebabkan korosi dan penumpukan kerak di dalam radiator dan saluran air. Tak hanya itu, titik didih dari air keran juga lebih rendah dibandingkan coolant, sehingga lebih cepat panas. Berapa lama interval ideal untuk menguras radiator (flushing)? Untuk menjaga performa pendinginan optimal, disarankan melakukan flushing atau kuras radiator setiap 40.000 hingga 60.000 kilometer atau setiap 2 tahun sekali Apakah menyalakan AC bisa mempercepat overheat? Ya, menyalakan AC akan menambah beban kerja mesin. Ketika beban mesin bertambah, suhu mesin otomatis akan cenderung naik.  Jika sistem pendingin mobil Anda (terutama kipas pendingin dan coolant Anda) sudah bermasalah, menyalakan AC bisa menjadi pemicu cepatnya kenaikan suhu hingga overheat. Apa tanda-tanda paling jelas bahwa mobil akan overheat? Tanda yang paling jelas adalah kenaikan jarum indikator suhu mesin di dashboard yang bergerak cepat menuju zona merah atau batas maksimal.  Tanda lain yang bisa Anda rasakan atau lihat adalah bau panas yang menyengat, uap atau asap keluar dari balik kap mesin, atau bunyi mendesis dari mesin.
OTOMOTIF

Media90 – Mobil overheat adalah momok yang sering menghantui para…