OTOMOTIF

Rekor Penjualan! Wuling Puncaki Daftar Merek Mobil China Paling Diminati di Bulan Oktober 2023

458
×

Rekor Penjualan! Wuling Puncaki Daftar Merek Mobil China Paling Diminati di Bulan Oktober 2023

Sebarkan artikel ini
Wuling Masih Jadi Merek Mobil China Terlaris Oktober 2023
Wuling Masih Jadi Merek Mobil China Terlaris Oktober 2023

Media90 (media90.id) – Sebagai bukti keberhasilannya di pasar otomotif Indonesia, Wuling kembali mempertahankan posisinya sebagai merek mobil China terlaris pada periode Oktober 2023.

Meskipun persaingan semakin ketat dengan munculnya merek-merek mobil China lainnya, seperti Dongfeng Sokon (DFSK) dan Chery, Wuling tetap menjadi pilihan utama bagi konsumen Indonesia.

Hingga saat ini, hanya tiga merek mobil China yang resmi memasarkan produknya di Indonesia, yaitu Wuling, DFSK, dan Chery.

Sebagai catatan, Morris Garage (MG) juga hadir di Indonesia sejak 2020, meskipun masih dianggap sebagai merek asal Inggris di bawah naungan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC).

Meskipun belum mencapai jumlah penjualan yang dapat menyaingi pabrikan mobil asal Jepang, Wuling, DFSK, dan Chery berhasil mencatatkan angka penjualan yang cukup baik.

Baca Juga:  Chery OMODA 5 EV: Pesanan Dibuka, Harga Penjualan Menyusul di Tahun Depan

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan retail (distribusi dari diler ke konsumen) ketiga merek tersebut mencapai 2.377 unit selama Oktober 2023.

Dari total tersebut, Wuling menyumbangkan jumlah penjualan tertinggi dengan 1.970 unit, diikuti oleh Chery dengan 331 unit, dan DFSK dengan 76 unit. Jika melihat kinerja penjualan dari Januari hingga Oktober 2023, Wuling berhasil membukukan penjualan sebanyak 20.384 unit, menguasai pangsa pasar sebesar 2,5 persen dari total penjualan retail mobil nasional.

Berdasarkan distribusi dari pabrik ke diler (wholesales), Wuling juga masih mendominasi dengan jumlah unit yang berhasil terdistribusi sebanyak 2.172 unit selama Oktober 2023.

Chery dan DFSK berada di bawahnya dengan angka wholesales masing-masing 358 unit dan 88 unit.

Baca Juga:  Raih Prestasi Luar Biasa! Inilah Deretan Merek yang Mencetak Rekor di GIIAS 2023

Dari Januari hingga Oktober, Wuling mencatatkan angka wholesales sebanyak 16.652 unit.

Menariknya, hanya Wuling yang berhasil masuk dalam 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia pada bulan Oktober 2023.

Toyota tetap memimpin daftar ini baik dari segi penjualan retail maupun wholesales, dengan total retail sales mencapai 28.003 unit dan wholesales 27.438 unit.

Berikut adalah daftar 10 merek mobil terlaris Oktober 2023 berdasarkan data retail dan wholesales dari Gaikindo:

Retail Sales

  1. Toyota: 28.003 unit
  2. Daihatsu: 14.646 unit
  3. Honda: 9.611 unit
  4. Suzuki: 6.732 unit
  5. Mitsubishi Motors: 5.842 unit
  6. Hyundai: 2.815 unit
  7. Isuzu: 2.746 unit
  8. Hino: 2.567 unit
  9. Mitsubishi Fuso: 2.106 unit
  10. Wuling: 1.970 unit
Baca Juga:  Inovasi Tak Terbatas Wuling di GIIAS 2023: Penawaran Terbaik yang Memikat Para Pengunjung

Total retail sales: 79.451 unit

Wholesales

  1. Toyota: 27.438 unit
  2. Daihatsu: 14.090 unit
  3. Honda: 11.938 unit
  4. Suzuki: 5.990 unit
  5. Mitsubishi Motors: 5.937 unit
  6. Hyundai: 3.302 unit
  7. Isuzu: 2.531 unit
  8. Hino: 2.449 unit
  9. Wuling: 2.172 unit
  10. Mitsubishi Fuso: 2.157 unit

Total wholesales: 80.270 unit

Dengan demikian, dominasi Wuling sebagai merek mobil China terlaris di Indonesia terus berlanjut, menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan performa produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Waspada! Ini Penyebab Mobil Overheat yang Sering Diabaikan, Bisa Bikin Kantong Jebol!
Penyebab mobil overheat biasanya selalu menghantui para pemilik mobil, terlebih bagi Anda yang memiliki kapasitas mesin besar. Tapi, masalah overheat ini tak melulu hinggap di mobil dengan kapasitas mesin besar saja lho, mesin dengan kapasitas kecil juga bisa overheat. Bayangkan, Anda sedang melaju di tengah kemacetan siang bolong, tiba-tiba indikator suhu di dasbor melonjak merah — mesin mengeluarkan asap tipis.  Seketika membuat performa mobil menjadi menurun drastis. Kalau sudah begitu, bukan cuma perjalanan yang terganggu, tapi juga bisa bikin dompet jebol.  Karena mobil overheat tak bisa dianggap sepele. Bila dibiarkan, bisa berujung pada kerusakan serius seperti head cylinder melengkung, gasket jebol, atau bahkan mesin jamming total. Namun, sebelum panik, yuk pahami dulu penyebab mobil overheat yang paling sering terjadi, serta cara mengatasinya dengan benar. Penyebab Mobil Overheat  Air Radiator Habis  Ini adalah penyebab klasik mobil overheat yang paling umum. Radiator berfungsi sebagai pendingin utama mesin, mengalirkan cairan coolant untuk menjaga suhu kerja tetap ideal. Begitu air radiator kurang atau bahkan habis, sistem pendinginan mesin akan kehilangan kemampuan menyerap panas dari mesin.  Akibatnya, dalam waktu sekejap suhu mesin akan naik drastis sehingga membuat komponen kepanasan. Solusi: Cek dan isi ulang air radiator secara rutin. Gunakan coolant berkualitas yang sesuai rekomendasi pabrikan — jangan hanya pakai air biasa, karena bisa menimbulkan kerak di saluran radiator. Radiator Bocor Radiator bocor seringkali tidak langsung terlihat. Kadang hanya menetes sedikit dari sela-sela kisi atau sambungan selang, tapi efeknya bisa fatal. Kebocoran menyebabkan cairan pendingin berkurang, tekanan sistem menurun, dan sirkulasi tidak optimal. Akhirnya, suhu mesin meningkat tanpa kontrol. Solusi: Periksa radiator secara visual. Jika ada tanda-tanda rembesan atau bercak putih (bekas coolant kering), segera bawa ke bengkel untuk dicek dan diservis.  Jangan menunda untuk melakukan perbaikan atau pengecekan, karena kebocoran kecil bisa jadi bencana besar. Penyebab Mobil Overheat, Termostat Macet  Termostat merupakan komponen yang berfungsi mengatur kapan cairan pendingin mulai bersirkulasi ke radiator.  Ketika mesin masih dingin, termostat akan menutup jalur radiator agar mesin cepat mencapai suhu ideal. Namun, jika komponen ini macet dalam posisi tertutup, radiator coolant tak akan bersirkulasi, dan suhu mesin akan melonjak cepat. Solusi: Ganti termostat bila sudah rusak. Banyak pemilik mobil yang memilih melepas termostat secara permanen, tapi langkah ini tidak disarankan karena bisa membuat mesin bekerja di suhu yang tidak stabil. Untuk mengeceknya dapat dilakukan dengan cara merebus termostat di dalam panci agar mengetahui apakah masih terbuka di suhu tertentu. Kipas Radiator Mati  Kipas radiator atau extra fan berperan penting untuk membantu proses pendinginan, terutama saat mobil berjalan pelan atau berhenti di kemacetan. Jika motor kipas mati atau relay-nya rusak, sirkulasi udara ke radiator terhenti. Akibatnya, panas dari mesin tidak terbuang sempurna. Solusi: Periksa fungsi kipas dengan menyalakan mesin dan memantau apakah kipas berputar ketika suhu naik.  Jika tidak, periksa bagian motor kipas ini seperti sekring, atau relay. Gantilah komponen tersebut bila perlu. Oli Mesin Habis atau Kotor Penyebab Mobil Overheat Selain berfungsi sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki peran dalam meredam panas yang dihasilkan oleh mesin.  Oli mesin yang kotor, encer, atau volumenya kurang akan membuat gesekan antar komponen meningkat — menimbulkan panas berlebih dan menjadi penyebab mobil overheat. Solusi: Ganti oli mesin sesuai interval yang dianjurkan pabrikan, biasanya setiap 5.000–10.000 km tergantung jenis oli dan kondisi pemakaian.  Gunakan oli dengan viskositas yang sesuai spesifikasi mesin mobil milik Anda. Penyebab Mobil Overheat, Water Pump Lemah  Komponen bernama water pump atau pompa air bertugas mengalirkan cairan coolant ke seluruh sistem pendingin. Jika pompa air sudah melemah atau rusak, sirkulasi coolant akan melambat dan menyebabkan mesin cepat panas. Biasanya pompa air ini akan rusak seiring pemakaian dan kerusakannya bisa dibilang terjadi sangat lama. Tugasnya krusial memompa coolant dari radiator (yang sudah dingin) menuju blok mesin (yang panas), lalu kembali lagi ke radiator. Ini adalah sirkulasi wajib! Solusi: Jika suhu mesin terus naik padahal radiator dan kipas normal, besar kemungkinan water pump sudah aus.  Ganti water pump yang ada di mobil dengan komponen baru agar dapat mengalirkan sirkulasi air ke bagian mesin dengan sempurna. Tutup Radiator Bisa Jadi Penyebab Mobil Overheat Komponen kecil ini sering dilupakan, padahal punya peran heroik. Tutup radiator bukan sekadar penutup, melainkan katup tekanan yang sangat presisi. Sistem pendingin mobil bekerja di bawah tekanan (sekitar 1.1 bar, tergantung mobil). Tekanan ini penting untuk menaikkan titik didih air (mirip prinsip panci presto).  Jika karet atau per pada tutup radiator sudah getas/lemah, maka tekanan akan bocor. Akibatnya air akan mendidih lebih cepat (di bawah 100°C!). Efeknya, uap panas akan keluar ke tangki reservoir. Mesin pun menjadi overheat. Selalu cek kondisi karet dan per tutup radiator Anda!  Ganti setiap beberapa tahun sekali, karena harganya tidak seberapa dibandingkan biaya turun mesin! Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Overheat  Setelah membahas penyebab mobil overheat, Anda tak perlu panik ketika mengalaminya di jalan saat sedang berkendara. Masalah tersebut sebenarnya bisa dicegah dan diwaspadai dari jauh-jauh hari karena setiap kerusakan biasanya ada ciri-cirinya. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika mobil terlanjur overheat (indikator suhu naik ke zona merah dan mulai berasap)? • Jangan Panik! Ini yang terpenting. Segera tepikan mobil ke tempat yang aman (pinggir jalan/rest area). • Matikan AC: Ini akan mengurangi beban kerja mesin secara signifikan. • Matikan Mesin: Setelah menepi, matikan mesin. Biarkan mobil beristirahat total. • JANGAN LANGSUNG BUKA TUTUP RADIATOR! Ini adalah aksi bunuh diri. Tekanan di dalam sistem pendingin sangat tinggi. Jika dibuka, air panas akan menyembur dan bisa menyebabkan luka bakar serius. • Tunggu 30-45 Menit: Biarkan mesin benar-benar dingin. Setelah dingin, baru Anda bisa periksa coolant di tangki reservoir. • Panggil Bantuan: Jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, atau air radiator sudah benar-benar kosong, segera hubungi bengkel terdekat atau gunakan jasa towing. Jangan pernah memaksakan mobil yang sudah overheat untuk berjalan, itu sama saja Anda menekan tombol ‘hancurkan mesin’! Yang paling benar adalah rawat mobil Anda dengan benar. Perhatikan hal-hal kecil yang sering disepelekan. Dengan begitu, mobil kesayangan Anda akan selalu prima.  Anda bisa menikmati performa terbaiknya tanpa khawatir mesin akan Jebol di tengah jalan ketika dirawat baik-baik. Kesimpulan  Penyebab utama mobil overheat biasanya tak jauh selalu berputar pada kegagalan sistem pendingin. Mulai dari kekurangan coolant, kebocoran, hingga kerusakan komponen krusial seperti water pump, termostat, dan kipas pendingin.  Pencegahan dini dan pengecekan rutin adalah kunci untuk menghindari biaya perbaikan turun mesin yang mencekik dompet. FAQ  Apakah mengisi radiator dengan air biasa (air keran) bisa menyebabkan overheat? Secara langsung tidak, air keran tetap akan mendinginkan mesin. Namun, dalam jangka panjang, air keran mengandung mineral dan kotoran yang akan menyebabkan korosi dan penumpukan kerak di dalam radiator dan saluran air. Tak hanya itu, titik didih dari air keran juga lebih rendah dibandingkan coolant, sehingga lebih cepat panas. Berapa lama interval ideal untuk menguras radiator (flushing)? Untuk menjaga performa pendinginan optimal, disarankan melakukan flushing atau kuras radiator setiap 40.000 hingga 60.000 kilometer atau setiap 2 tahun sekali Apakah menyalakan AC bisa mempercepat overheat? Ya, menyalakan AC akan menambah beban kerja mesin. Ketika beban mesin bertambah, suhu mesin otomatis akan cenderung naik.  Jika sistem pendingin mobil Anda (terutama kipas pendingin dan coolant Anda) sudah bermasalah, menyalakan AC bisa menjadi pemicu cepatnya kenaikan suhu hingga overheat. Apa tanda-tanda paling jelas bahwa mobil akan overheat? Tanda yang paling jelas adalah kenaikan jarum indikator suhu mesin di dashboard yang bergerak cepat menuju zona merah atau batas maksimal.  Tanda lain yang bisa Anda rasakan atau lihat adalah bau panas yang menyengat, uap atau asap keluar dari balik kap mesin, atau bunyi mendesis dari mesin.
OTOMOTIF

Media90 – Mobil overheat adalah momok yang sering menghantui para…